Andi Syafrani: Jangan Pakai Standar Ganda ‘Dinasti Politik’ di Parpol dan Pilkada

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kuasa hukum Adnan Purichta Ichsan dari kantor ZIA Law Firm, Andi Syafrani mengaku setuju pada pandangan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait putusan MK membatalkan pasal 7 huruf r Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
Pasal 7 huruf r, mengatur tentang ‘pembatasan politik dinasti’.Adnan merupakan seorang Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, yang menjadi pemohon atas judicial review pasal tersebut.
Menurut Andi, dinasti politik sebagai sebuah kanker demokrasi adalah asumsi yang terlalu berlebihan dan tidak berdasar fakta yang kuat.
Ketakutan terhadap dinasti politik dalam Pilkada, kata Andi, merupakan keanehan di saat bangsa ini justru menerima ‘dinasti politik’ di tubuh partai politik.
“Di dalam partai ada anak dan bapak, bisa masuk. Karenanya menurut saya kita tidak bisa memakai standar ganda yakni menerima dinasti politik di partai tapi melarangnya di Pilkada. Padahal Parpol adalah rahim kader pemimpin di daerah juga,” kata Andi saat dikonfrimasi Tribunnews.com, Jumat (10/7/2015).

Andi menegaskan, tak ada satu pun negara demokrasi dunia yang melarang dinasti politik. Justru mereka memghargai muncul keluarga yang kuat dalam modal sosial politik.
Kesimpulan MK bahwa ketentuan Pasal 7 huruf r diskriminatif, kata dia, sudah sangat tepat, berdasarkan hukum.
“Itu menempatkan Indonesia tidak sebagai negara anomali dalam peta negara demokrasi dunia,” ujarnya.
Andi menambahkan, yang perlu dikampanyekan ke publik bukanlah melarang hak orang untuk mencalonkan diri.
“Tapi yang dikampanyekan adalah melarang orang memilih calon yang tak baik, inkompeten, korup, dan membawa mudarat terlepas dari mana dia lahir dan berasal. Karena hanya demikian demokrasi kita akan tumbuh sehat,” ujarnya.

http://www.tribunnews.com/nasional/2015/07/10/andi-syafrani-jangan-pakai-standar-ganda-dinasti-politik-di-parpol-dan-pilkada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>